Search
Close this search box.

Jerawat di Dagu – 7 Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Jerawat adalah masalah umum yang sering banyak orang alami di seluruh dunia. Salah satu area di wajah yang paling sering terkena adalah dagu. Jerawat di dagu bisa sangat mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Tidak hanya itu, tetapi masalah ini juga seringkali sulit Anda hilangkan dengan cara yang efektif. Penyebab masalah ini bisa bermacam-macam, mulai dari perubahan hormon, pola makan yang tidak sehat, stres, hingga kebersihan yang buruk.

Bagi mereka yang mengalami masalah ini, mencari cara yang tepat untuk menghilangkannya menjadi prioritas utama.

Berbagai metode pengobatan dan perawatan telah ada serta berkembang untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari bahan alami hingga produk perawatan kulit yang khusus.

Artikel Lainnya: Jerawat Batu – Ciri-ciri, Penyabab, dan Pengobatan

Penyebab Jerawat di Dagu

Penyebab Jerawat Di Dagu
Penyebab Jerawat di Dagu

Berikut ini adalah penyebab masalah ini yang bisa Anda ketahui. Penasaran apa saja penyebab masalah tersebut? Ini ulasan lengkapnya!

1. Kondisi kulit wajah yang kotor

Kondisi kulit wajah yang kotor dapat menyebabkan hadirnya masalah ini, terutama jerawat di dagu.

Masalah ini seringkali akibat beberapa faktor, seperti perubahan hormon, produksi minyak berlebih, dan penumpukan bakteri pada permukaan kulit.

Ketika wajah terkena kotoran dan keringat, pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Bakteri yang hidup di permukaan kulit juga dapat menyumbat pori-pori tersebut dan menyebabkan jerawat.

2. Stres berlebihan

Stres berlebihan dapat menyebabkan masalah tersebut. Jerawat di dagu adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada orang-orang yang sering mengalami tekanan mental.

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh, yang pada akhirnya memicu munculnya masalah ini.

Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik dengan cara seperti berolahraga, beristirahat yang cukup, dan berbicara dengan orang-orang terdekat agar masalah ini dapat diminimalkan.

3. Perubahan hormon

Selanjutnya, perubahan hormon dapat menjadi penyebab masalah ini. Saat hormon berfluktuasi, seperti pada masa pubertas, siklus menstruasi, atau selama kehamilan, produksi minyak kulit cenderung meningkat.

Ketika produksi minyak berlebih ini terjadi terutama di area dagu, itu dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat muncul.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hal tersebut termasuk kebiasaan makan yang tidak sehat, penggunaan produk riasan yang komedogenik, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Penting untuk menjaga kebersihan kulit, menghindari pencuci muka yang mengandung minyak berlebih, serta merawat makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kulit di wajah. 

4. Bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab jerawat di dagu. Biasanya, masalah kulit ini disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit.

Bakteri Propionibacterium acnes adalah salah satu jenis bakteri yang ada di kulit dan dapat menyebabkan peradangan pada pori-pori yang tersumbat. Bakteri ini akan bereproduksi dengan cepat di dalam folikel rambut yang tersumbat dan menyebabkan penyakit kulit ini meradang.

Penting untuk menjaga kebersihan kulit dengan rutin membersihkan wajah dan menghindari penggunaan produk yang berpotensi menyebabkan jerawat.

5. Rambut yang tumbuh ke dalam

Jerawat di dagu seringkali disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam. Ketika rambut tidak dapat tumbuh keluar dari folikel dengan bebas, ia bisa terperangkap di bawah permukaan kulit dan menyebabkan peradangan serta munculnya jerawat.

Ini sering terjadi pada daerah dagu yang lebih rentan terhadap produksi minyak berlebih. 

Baca Juga: 9 Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

6. Kebiasaan Menggunakan Masker

 Salah satu kebiasaan yang umum dilakukan adalah menggunakan masker untuk membantu menjaga kulit wajah tetap sehat. Namun, seringkali kita mengalami masalah jerawat di dagu setelah menggunakan masker.

Jerawat di dagu umumnya disebabkan oleh penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Penggunaan masker yang tidak tepat atau terlalu sering bisa memperburuk kondisi ini.

Agar dapat menghindari jerawat di dagu, penting untuk menggunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak terlalu ketat. Selain itu, menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka secara teratur juga sangat dianjurkan.

#TanyaDokter #Eps5 : Cara Mengatasi Jerawat di Klinik Pandawa (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

7. Mengonsumsi Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di dagu. Kandungan minyak yang tinggi dalam makanan berminyak dapat mempengaruhi produksi minyak di kulit, sehingga menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Selain itu, makanan berminyak juga dapat meningkatkan produksi sebum, yaitu minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah. Kelebihan produksi sebum ini dapat menyebabkan kulit berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan berminyak dan memilih makanan sehat yang rendah lemak untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat di dagu.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

Cara Menghilangkan Jerawat Di Dagu
Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

Jerawat di dagu bisa menjadi masalah yang mengganggu, baik secara estetika maupun kenyamanan.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara efektif yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menghilangkan jerawat di dagu.

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah adalah langkah pertama dan paling penting dalam merawat kulit. Pastikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung alkohol.

Ini akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan bakteri yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

2. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Cara menghilangkan jerawat di dagu selanjutnya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai untuk kulit berjerawat.

Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti salisilat asam atau benzoyl peroxide, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

3. Mengubah Pola Makan

Pola makan yang sehat bisa membantu mengurangi jerawat. Hindari makanan berminyak dan tinggi gula, dan perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan protein. Juga, pastikan untuk minum banyak air setiap hari untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

4. Menghindari Stres

Stres bisa memicu produksi sebum, yang bisa menyebabkan jerawat. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam-dalam untuk membantu mengurangi stres.

5. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika jerawat di dagu Anda parah atau tidak membaik dengan perawatan di rumah, mungkin saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat.

Dokter bisa memberikan resep obat yang lebih kuat atau prosedur seperti peeling kimia atau laser untuk membantu menghilangkan jerawat.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika Anda ingin menghilangkan jerawat di dagu, Anda bisa melakukan konsultasi ke Klinik Kulit terdekat dan terbaik di Klinik Utama Pandawa Jakarta.

Perlu Anda ketahui bahwa Klinik Utama Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin yang terpercaya dan punya tenaga medis berpengalaman. Silahkan konsultasi dokter kulit secara online dan gratis (Rahasia Terjamin).

Pertanyaan Terkait Jerawat di Dagu

Berikut ini adalah pertanyaan terkait jerawat di dagu yang bisa Anda ketahui. Penasaran apa saja pertanyaannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat di dagu?


Untuk mencegah jerawat di dagu, penting untuk menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkan kulit, menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit.

Apa yang dimaksud dengan timbulnya jerawat di dagu yang berulang?


Timbulnya jerawat di dagu yang berulang adalah kondisi ketika jerawat terus muncul di area dagu secara teratur. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti perubahan hormon, ketidakseimbangan minyak kulit, atau infeksi bakteri.

Apakah jerawat di dagu berbeda dengan jerawat di area lain?


Jerawat di dagu memiliki karakteristik yang mirip dengan jerawat di area lainnya. Namun, karena daerah dagu cenderung rentan terhadap jerawat, jerawat di dagu dapat lebih sering muncul atau sulit diatasi.

Jerawat di dagu karena hormon apa?


Jerawat di dagu seringkali disebabkan oleh hormon testosteron. Testosteron adalah hormon pria yang juga ada pada wanita dalam jumlah yang lebih sedikit.

Saat produksi testosteron meningkat, jumlah minyak di kulit juga meningkat, menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat muncul. Hal ini biasanya terjadi pada masa pubertas ketika hormon sedang tidak seimbang.

Apa yang menyebabkan jerawat muncul terus?


Jerawat dapat muncul terus menerus disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah produksi kelenjar minyak yang berlebihan, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Bakteri yang hidup di kulit juga dapat menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi munculnya jerawat adalah stres, pola makan yang tidak seimbang, penggunaan produk kosmetik yang berat, dan perubahan hormon. 

Referensi:

Share: