Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Kenali Gangguan Sperma pada Pria, Biar Pembuahan Nggak Gagal!

Table of Contents

gangguan spermaGangguan Sperma – Hai Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Di mana pun kalian berada, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan juga kesehatan ya! Sahabat Pandawa, terutama para pria, kalian pernah nggak mengalami masalah atau gangguan yang aneh pada sperma ketika berejakulasi?

Spermatozoa atau yang lebih dikenal dengan sperma adalah sel yang hasilkan oleh organ reproduksi laki-laki. Sel kecil yang mempunyai bentuk seperti kecebong ini bertugas untuk melakukan pembuahan pada sel telur yang terdapat di uterus atau rahim seorang wanita.

Karena memiliki peran yang sangat penting dan vital, kondisi, kualitas, dan juga kuantitas dari sperma haruslah terjaga dengan baik. Dengan begitu, pembuahan yang dilakukan oleh sperma dapat mencapai hasil yang maksimal.

Namun, perlu diketahui bahwa sperma dapat mengalami gangguan dan juga kelainan yang bisa memengaruhi kualitas dari sperma itu sendiri. Contohnya adalah oligospermia (jumlah sperma rendah), hyperspermia (jumlah sperma berlebihan), dan juga masih banyak lainnya.

Seperti biasanya, kami Klinik Pandawa akan terus memberikan artikel serta informasi kesehatan untuk Sahabat Pandawa semuanya. Fokus kami terutama seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik seputar estetika atau kecantikan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita bakal membahas mengenai sperma, khususnya gangguan sperma dan juga kelainan yang terjadi pada sel tersebut. Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu mendapat informasi yang bermanfaat. Yuk disimak!

 

Mengenal sperma

Sebelum kita membahas mengenai gangguan sperma, kita akan membedah sperma terlebih dulu. Sperma adalah sel sistem reproduksi pria yang disekresikan bersama dengan air mani selama ejakulasi. Sperma sempurna dengan kualitas prima adalah salah satu kunci sukses pembuahan untuk suksesnya kehamilan.

Sperma bertanggung jawab untuk membuahi sel telur selama proses pembuahan. Pembuahan ini akan menghasilkan embrio yang kemudian berkembang menjadi janin. Sperma juga merupakan faktor pembawa materi genetik laki-laki yang akan menentukan jenis kelamin bayi melalui kromosom X atau Y.

 

Gangguan sperma

Tadi sudah sempat dijelaskan bahwa sperma sangat berperan penting dalam proses pembuahan sel telur. Oleh karena itu, jangan sampai ada masalah atau pun gangguan sperma yang dapat memengaruhi kualitas dari sperma itu sendiri.

Ada pun beberapa kelainan sperma yang bisa memengaruhi proses pembuahan sel telur seperti berikut ini:

  • Oligospermia

Oligospermia merupakan sebuah keadaan di mana sperma dalam air mani yang dikeluarkan saat kamu berejakulasi berjumlah sangat sedikit. Oligospermia mungkin menjadi penyebab utama infertilitas pria. Oleh karena itu, perlu disikapi dengan kondisi ini agar dapat meningkatkan peluang keturunan. Seorang pria dikatakan mengalami oligospermia jika jumlah spermanya kurang dari 15 juta per ml air mani. Jika itu terjadi, peluangnya untuk memiliki anak akan menurun.

 

  • Hypospermia

Hipospermia adalah suatu kondisi medis, lebih tepatnya gangguan sperma, di mana pria memiliki sedikit air mani, yaitu 1,5 ml. Bedakan dengan oligospermia yang artinya konsentrasi sperma rendah. Keadaan ini tidak menyebabkan kemandulan, tetapi jika jumlah sperma diikuti dengan konsentrasi sperma yang rendah, kondisi tersebut dapat menyebabkan kemandulan.

 

  • Hyperspermia

Hyperspermia atau hiperspermia adalah kondisi di mana seorang pria memiliki sperma yang banyak. Jumlah air mani di hiperspermia melebihi volume normal, hingga lebih dari 15,5 ml. Keadaan ini kebalikan dari keadaan hipospermia.

 

  • Asthenozoosperma

Asthenozoosperma merupakan sebutan yang dipakai untuk menggambarkan kondisi penurunan motilitas sperma. Sperma yang baik adalah sperma yang bisa bergerak cepat dan lurus ke depan. Namun jika terdapat morfologi sperma yang tidak normal maka akan menurunkan kecepatan pergerakan sperma.

 

  • Teratozoosperma

Teratozoosperma adalah gangguan sperma di mana sperma terbentuk secara tidak normal. Penyebab kondisi ini tidak diketahui dalam banyak kasus. Namun, kondisi teratozoospermia berhubungan dengan penyakit Hodgkin, penyakit celiac, dan penyakit Crohn. Bentuk sperma yang tidak normal dapat menurunkan motilitas sperma dan menghalangi sperma mencapai sel telur.

 

Bahaya gangguan sperma

Kondisi-kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, beberapa masalah itu dapat memengaruhi kualitas sperma yang berujung kepada sulitnya membuahi sel telur. Apabila tidak terjadi pembuahan pada sel maka kehamilan tidak akan terjadi.

 

Cara mengatasi gangguan sperma

Sahabat Pandawa, sekarang kamu sudah mengerti mengenai masalah dan juga gangguan yang sering terjadi pada sperma. Apabila kamu mengalami masalah-masalah tersebut maka sebaiknya segera mengonsultasikannya ke dokter andrologi.

Salah satu klinik yang mempunyai dokter andrologi yang profesional adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik andrologi dan ginekologi terbaik di Jakarta. Kami memiliki dokter yang profesional dan ahli dalam menangani permasalahan pria dan juga wanita.

Jika kamu perlu informasi ataupun penjelasan lebih lanjut mengenai maka segera konsultasikan dengan konsultan medis kami secara gratis lewat KONSULTASI GRATIS atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani kamu. Semua rahasia medis dijamin.

Tag