Search
Close this search box.

Lipoma – Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkannya

Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak non-kanker. Tampak sebagai benjolan yang lembut dan dapat Anda gerakan di bawah kulit. Lipoma biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan kecuali jika menyebabkan ketidaknyamanan atau masalah kosmetik.

Operasi pengangkatan dapat Anda pertimbangkan dalam kasus tersebut. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk pemeriksaan yang akurat.

Apa itu Lipoma?

Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak jinak (non-kanker) yang umum. Ini adalah salah satu jenis tumor jaringan lunak yang paling umum.

Lipoma biasanya muncul sebagai benjolan lunak, bulat atau berbentuk oval yang mudah Anda gerakan di bawah kulit.

Mereka dapat bervariasi dalam ukuran dari diameter beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Lipoma biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala yang berarti.

Mereka dapat terjadi di mana saja di tubuh di mana terdapat jaringan lemak, tetapi paling sering Anda temukan di leher, bahu, punggung, lengan, dan paha. Beberapa lipoma dapat berkembang pada beberapa individu.

Penyebab Lipoma

Lipoma 1
Tangan Seorang Pria Mengalami Lipoma

Penyebab pasti lipoma seringkali tidak Anda ketahui. Namun, beberapa faktor dapat berkontribusi pada perkembangan mereka:

  • Kecenderungan genetic
  • Pertumbuhan berlebih adiposity (sel lemak)
  • Faktor hormonal
  • Trauma
  • Faktor lain seperti penyakit Madelung, sindrom Cowden, dan sindrom Gardner

Penting untuk Anda catat bahwa meskipun faktor-faktor ini dapat orang kaitkan dengan perkembangannya, tidak semua masalah ini dapat terkait dengan penyebab tertentu.

Penyakit kulit ini dapat terjadi secara spontan tanpa penyebab yang dapat Anda identifikasi atau kondisi medis yang mendasarinya.

Artikel Lainnya: 9 Mitos dan Fakta Kulit yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Lipoma

Masalah ini biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun dan sering Anda temukan sebagai benjolan lunak yang tidak nyeri di bawah kulit.

Namun, pada beberapa kasus, ini dapat menyebabkan gejala atau komplikasi tertentu, antara lain:

  • Benjolan yang tidak nyeri
  • Bergerak dan lembut
  • Masalah kosmetik
  • Jarang bergejala

Penting untuk Anda catat bahwa jika Anda mengalami gejala seperti pertumbuhan yang cepat, perubahan penampilan, rasa sakit yang meningkat, atau tanda-tanda lain yang mengkhawatirkan, tenaga medis menyarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi yang tepat.

Mereka dapat menilai masalah ini, mengesampingkan penyebab potensial lainnya, dan memberikan saran atau pilihan pengobatan yang sesuai berdasarkan situasi spesifik Anda.

This Lipoma Is in “One of the Worst Possible Places” | Dr. Pimple Popper (Source: Youtube/TLC)

Diagnosis Lipoma

Pemeriksaannya biasanya melibatkan kombinasi dari riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan terkadang studi pencitraan. Berikut adalah ikhtisar prosesnya:

  • Riwayat medis
  • Pemeriksaan fisik
  • Studio pencitraan
  • Biopsi

Penting untuk Anda catat bahwa dalam banyak kasus, masalah ini dapat tenaga medis periksa berdasarkan penampilan dan perasaan khasnya selama pemeriksaan fisik.

Biopsi biasanya menjadi cadangan untuk kasus atipikal atau tidak pasti di mana kondisi lain perlu Anda kesampingkan.

Klinik Pandawa memiliki layanan menyembuhkan lipoma karena Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin dan Klinik Bedah Terdekat yang terbaik di Indonesia. Silahkan konsultasi dokter kulit secara gratis di Klinik Pandawa (Rahasia Terjamin).

Kapan Harus ke Dokter?

Tenaga medis menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda menderita masalah tersebut:

  • Lipoma baru atau berubah
  • Ketidaknyamanan atau rasa sakit yang meningkat
  • Pertumbuhan yang cepat
  • Masalah kosmetik
  • Keterbatasan fungsional

Pada akhirnya, selalu merupakan ide yang baik untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan di Klinik Kulit Jakarta jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan tentang masalah ini.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kulit Berbahaya Sebelum Terjadi Komplikasi

Cara Menghilangkan Lipoma

Cara Menghilangkan Lipoma
Cara Menghilangkan Lipoma

Satu-satunya cara pasti untuk menghilangkan lipoma adalah melalui operasi pengangkatan.

Jika masalah ini menyebabkan ketidaknyamanan, masalah kosmetik, atau keterbatasan fungsional, dokter Anda mungkin merekomendasikan intervensi bedah.

Berikut adalah metode umum yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan masalah ini:

1. Eksisi

Ini melibatkan membuat sayatan di kulit di atas lipoma dan mengangkat seluruhnya dengan pembedahan beserta kapsulnya. Sayatan kemudian ditutup dengan jahitan, dan lipoma yang tenaga medis angkat untuk pemeriksaan lebih lanjut, jika perlu.

2. Eksisi Minimal

eknik ini melibatkan pembuatan sayatan yang lebih kecil daripada dengan eksisi tradisional.

Lipoma akan tenaga medis bedah dengan hati-hati dan diangkat melalui sayatan kecil. Metode ini dapat mengurangi bekas luka dan waktu pemulihan yang lebih singkat.

3. Sedot Lemak

Dalam beberapa kasus, sedot lemak dapat Anda gunakan untuk menghilangkan lipoma yang lebih kecil. Tabung tipis (kanula) dimasukkan melalui sayatan kecil, dan ini akan tenaga medis sedot keluar. Sedot lemak umumnya lebih cocok untuk masalah yang lunak dan superfisial.

Penting untuk Anda perhatikan bahwa mencoba menghilangkan lipoma sendiri di rumah tidak Anda anjurkan dan dapat menyebabkan komplikasi atau infeksi.

Pertanyaan Terkait Lipoma

Ada beberapa pertanyaan terkait masalah tersebut. Penasaran apa saja pertanyaannya, berikut pembahasan lengkapnya:

Apa lipoma bisa hilang?


Masalah ini biasanya tidak hilang dengan sendirinya. Pengobatan yang paling efektif untuk menghilangkan masalah ini adalah melalui operasi pengangkatan.

Apakah lipoma harus dioperasi?


Masalah ini tidak selalu harus dioperasi, terutama jika tidak menyebabkan gejala atau ketidaknyamanan. Namun, jika masalah tersebut menyebabkan masalah kosmetik, gangguan fungsi, atau ketidaknyamanan, maka operasi pengangkatan dapat direkomendasikan.

Apa yang terjadi jika lipoma pecah?


Jika lipoma pecah, biasanya akan mengeluarkan lemak yang terdapat di dalamnya. Ini dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada area tersebut. Jikapecah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Berapa biaya operasi lipoma?


Biaya operasi masalah ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi, ukurannya, dan kebijakan harga di tempat tinggal Anda. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

Makanan penghancur lipoma, Apa saja?


Tidak ada makanan khusus yang diketahui secara ilmiah dapat menghancurkannya.

Lipoma adalah pertumbuhan jinak yang terdiri dari jaringan lemak, dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat mempengaruhi ukuran atau perkembangan masalah tersebut.

Perubahan diet tidak dianjurkan sebagai metode pengobatannya.

Referensi:

Share: