kondiloma akuminata adalah

Penyakit Kondiloma Akuminata Adalah: Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, dan Pengobatan

Penyakit kondiloma akuminata

Halo Sahabat Pandawa, apa kabar? Semoga Sahabat Pandawa sehat selalu. Pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan menjelaskan mengenai sebuah penyakit kelamin yang mungkin jarang didengar khalayak ramai, namun cukup banyak menjangkit masyarakat. Penyakit tersebut adalah kondiloma akuminata. Kondiloma akuminata adalah penyakit yang bisa juga disebut sebagai kutil kelamin. Untuk informasi lebih jelasnya mari simak artikel berikut ini.

Apa itu kondiloma akuminata?

Kondiloma akuminata adalah sebuah penyakit yang menyerang area kelamin. Kutil kelamin merupakan nama lain dari kondiloma akuminata. Kutil ini muncul akibat penderitanya terjangkit oleh virus human papillomavirus (HPV). Human papillomavirus umumnya ditularkan melalui hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman.

Kutil kelamin ini muncul berupa tonjolan daging berukuran kecil yang mirip bunga kol. Seringkali kutil kelamin ini disangka sebagai tumor atau kanker. Akan tetapi, dalam banyak kasus, kutil kelamin dapat berukuran sangat kecil sehingga menjadi tidak terlihat.

Seperti apa gejala kondiloma akuminata?

Sahabat pandawa dapat mengetahui apakah mengidap penyakit kutil kelamin atau tidak dengan melihat gejala dan tanda-tanda dari penyakit ini. Terdapat beberapa perbedaan ciri kutil kelamin pada pria dan wanita.

Pada pria, penyakit kutil kelamin seringkali ditandai dengan muncul benjolan daging berukuran kecil di ujung penis, skrotum (kantung buah zakar), ataupun anus. Sedangkan pada wanita, benjolan tersebut terdapat di area vulva, dinding vagina, area antara kewanitaan dan anus, lubang anus, serta juga leher Rahim (serviks).

Selain gejala kutil kelamin muncul pada area kelamin, gejala ini juga bisa muncul di daerah mulut dan juga tenggorokan. Biasanya kutil yang muncul pada mulut dan tenggorkan diakibatkan oleh hubungan seks oral dengan pasangan yang mengidap penyakit ini juga.

Apakah penyebab kondiloma akuminata?

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, penyakit kutil kelamin ini disebabkan oleh infeksi virus HPV. Disebutkan bahwa terdapat lebih dari 40 jenis HPV yang bisa memengaruhi area intim. Sebagian besar kasus penyakit ini diakibatkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11.

Kutil kelamin menular lewat kontak fisik ketika berhubungan seksual. Dalam banyak kasus, sistem imun tubuh yang baik bakal mampu membunuh virus HPV yang menginfeksi area genital. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda “nyaris” terjangkit penyakit ini.

Kutil kelamin ini bisa juga ditularkan dari individu ke individu lewat kontak kulit ke kulit. Hal ini umumnya meliputi aktivitas seksual seperti berikut ini:

  • Seks vaginal
  • Seks anal
  • Seks oral (meskipun jarang terjadi, akan tetapi dapat memengaruhi penyebaran kutil).
  • Mainan seks (sex toys).

Dalam kasus yang langka, kondisi ini juga dapat menular saat tangan orang yang terinfeksi menyentuh area kelaminnya sendiri lalu menyentuh area kelamin pasangannya. Seorang anak pun bisa terjangkit penyakit kutil kelamin dari seorang ibu yang terinfeksi ketika proses persalinan.

Selain karena faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa kondisi fisik yang juga dapat menjadi penyebab kutil kelamin, yaitu sebagai berikut:

  • Diabetes melitus atau kencing manis (membuat pengidapnya mudah terjangkit infeksi kelamin)
  • Stres yang menyebabkan keluarnya keringat terus-menerus
  • Sistem imun tubuh yang lemah (cotohnya penderita HIV/AIDS sehingga mudah terjangkit virus)

Perlu dipahami bahwa penyakit kutil kelamin tidak bisa menular melalui pelukan, ciuman, handuk, dudukan toilet, alat makan, dan sebagainya.

Apa yang menjadi faktor risiko kondiloma akuminata?

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terjangkit kutil kelamin. Berikut adalah faktor risikonya:

  • Berhubungan seks tanpa pengaman dengan pasangan yang berbeda-beda
  • Memiliki penyakit menular seksual sebelumnya
  • Berhubungan seks dengan pasangan yang tidak Anda ketahui sejarah seksualnya
  • Sudah aktif secara seksual sejak usia muda

Komplikasi apa yang mungkin muncul akibat kondiloma akuminata?

Kondiloma akuminata adalah penyakit yang cukup berbahaya jika didiamkan. Terdapat beberapa komplikasi yang mungkin saja terjadi akibat penyakit kutil kelamin ini. Salah satu yang mengerikan adalah kanker. Kanker serviks terkait erat dengan infeksi virus HPV kelamin. Beberapa jenis HPV pun berhubungan dengan kanker vulva, kanker penis, kanker anus, serta kanker mulut dan juga tenggorokan. Namun, penting untuk diketahui bahwa HPV tak selalu menyebabkan kanker.

Bagaimana cara menangani kondiloma akuminata?

Seperti yang disebutkan tadi, kondiloma akuminata adalah penyakit yang harus ditangani dengan cepat. Apabila Sahabat Pandawa terjangkit penyakit kutil kelamin ini, jangan ragu untuk mengunjungi Klinik Pandawa. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik dalam menangani pasien kondiloma akuminata. Banyak pasien kondiloma akuminata yang berhasil disembuhkan dan kembali beraktivitas seperti semula.

Klinik Pandawa memiliki dokter yang ahli dan berpengalaman dalam menangani pasien kutil kelamin serta penyakit menular seks lainnya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mendapatkan penanganan yang terbaik dan tepercaya.

Apabila Sahabat Pandawa membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut mengenai kondiloma akuminata, silakan konsultasi online GRATIS dengan dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.