Search
Close this search box.

Gejala Infeksi Saluran Kemih & Pengobatan di Klinik Kelamin Jakarta

Pengetahuan tentang berbagai jenis gangguan kesehatan pada organ reproduksi sangat penting. Salah satu gangguan kesehatan tersebut adalah infeksi saluran kemih atau ISK. Jika Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih, Anda bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan di klinik kelamin Jakarta terdekat.

Gangguan kesehatan ini memang terlihat sepele. Namun, pandangan bahwa ISK merupakan hal yang sepele harus Anda hilangkan mulai sekarang. Komplikasi dari gangguan kesehatan ini bisa sangat serius, lho!

Apa itu Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih merupakan jenis gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada pria maupun wanita. Infeksi bakteri yang menyebabkan gangguan ISK pada pria ataupun wanita adalah bakteri Escherichia coli.

Gangguan ini dapat terjadi saat bakteri masuk ke dalam tubuh melalui uretra dan selanjutnya menuju ke saluran kemih. Selanjutnya, bakteri mengalami penumpukan dan berkembang biak. Pada situasi tersebut, sistem kemih akan mengalami infeksi. 

Artikel Lainnya: Infeksi Saluran Kemih Penyebab Gangguan Kencing

Jenis Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi pada sistem saluran kemih bisa terjadi dalam berbagai organ, termasuk di antaranya adalah ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra. Hanya saja, proses infeksi paling sering terjadi pada kandung kemih dan uretra.

Seperti yang telah disebutkan, infeksi bakteri E. coli pada sistem kemih bisa terjadi pada beberapa organ. Berkaitan dengan hal ini, ANda pun bisa menjumpai 2 jenis infeksi saluran kemih, yaitu: 

  • ISK atas. Gangguan kesehatan ini berlangsung pada organ yang berada di area sebelum uretra dan kandung kemih. Organ tersebut di antaranya adalah ureter serta ginjal. 
  • ISK bawah. Selanjutnya, ISK bawah adalah infeksi yang terjadi pada organ sistem kemih bagian bawah. Dua organ tersebut adalah uretra dan kandung kemih. 

Dari kedua jenis infeksi saluran kemih tersebut, ISK atas mempunyai tingkat risiko lebih berbahaya. Anda perlu mendapatkan penanganan dengan segera. Kalau tidak, terdapat risiko infeksi ke organ tubuh lain.

Ini Dia Caranya Mengobati Infeksi Saluran Kemih (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih

Terdapat beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kemih, di antaranya: 

  • Wanita. Para wanita dan perempuan muda lebih berisiko terkena ISK dibandingkan pria. Alasan utamanya adalah karena struktur organ reproduksi yang memudahkan akses bakteri masuk ke saluran kemih.
  • Pemakaian kateter. Pasien yang terbiasa buang air kecil dengan bantuan kateter punya risiko terkena ISK sangat tinggi dibanding orang biasa.
  • Menjalani penanganan medis. Khususnya penanganan medis atau operasi yang berlangsung pada area sistem kemih.  
  • Mempunyai kelainan saluran kemih. Apalagi, kalau kelainan tersebut menimbulkan adanya penyumbatan saluran kemih.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh. Orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah lebih rentan terkena infeksi bakteri, termasuk ISK. Kondisi ini bisa pula terjadi akibat konsumsi obat tertentu
  • Cedera. Adanya cedera atau luka pada area sekitar saluran kemih yang kemudian berpengaruh pada fungsi organ tersebut
  • Kebiasaan melakukan seks anal
  • Pria yang tidak menjalani proses sunat
  • Konsumsi cairan yang sangat kurang

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih
Ilustrasi Gejala Infeksi Saluran Kemih

Ada beberapa gejala yang bisa Anda kenali berkaitan dengan infeksi saluran kemih, yaitu: 

  • Muncul rasa nyeri dan sakit ketika kencing
  • Intensitas kencing lebih sering, tetapi urine yang keluar sangat sedikit (disuria)
  • Rasa sakit yang ada di bagian panggul
  • Tubuh yang demam dan menggigil
  • Rasa mual serta muntah
  • Terjadi perubahan warna urine yang terlihat keruh dan bahkan bercampur darah

Saat menjumpai adanya berbagai gejala tersebut, pertimbangkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke klinik atau dokter kelamin terdekat. Di situ, Anda bisa melakukan diagnosis dan mendapatkan pengobatan medis secara tepat. 

Baca Juga: Biaya Operasi Infeksi Saluran Kemih

Ini Komplikasi ISK Kalau Tak Segera Berobat ke Klinik Kelamin Jakarta

Infeksi bakteri pada sistem kemih bisa menimbulkan komplikasi yang sangat serius. Beberapa risiko komplikasi yang bisa terjadi akibat gangguan kesehatan ini di antaranya adalah: 

  • Infeksi berulang. Mereka yang pernah mengalami infeksi pada sistem kemih, kemungkinan besar akan terjadi perulangan. Kasus perulangan infeksi tersebut lebih sering terjadi pada wanita. 
  • Kerusakan ginjal secara permanen. Komplikasi ini bisa terjadi ketika Anda tidak segera melakukan penanganan medis pada gangguan ISK.
  • Ibu hamil dengan ISK memiliki risiko persalinan bayi prematur. Risiko lain, bayi lahir dalam kondisi berat badan kurang. 
  • Sepsis. Komplikasi ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian. Risiko komplikasi sepsis dapat terjadi ketika infeksi berlangsung secara menyeluruh dari saluran kemih hingga ke ginjal. 

Cara Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Mengingat komplikasi dari infeksi saluran kemih yang sangat berbahaya, Anda perlu melakukan tindakan yang tepat. Tindakan yang tepat tidak hanya berkaitan dengan upaya pengobatan. Namun, Anda harus pula menyertainya dengan tindakan pencegahan. 

Ada berbagai upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan biar terhindar dari ISK, yaitu: 

  • Hilangkah kebiasaan menahan buang air kecil. Kalau muncul rasa ingin kencing, segera pergi ke WC
  • Penuhi kebutuhan air yang cukup. Biasakan untuk minum air putih setidaknya 8 liter sehari
  • Jaga kebersihan organ vital Anda. Apalagi, setelah Anda melakukan hubungan seksual. Biasakan untuk membersihkan penis atau vagina biar tidak ada bakteri yang menempel
  • Hindari kebiasaan membersihkan vagina dengan bahan-bahan yang berisiko menimbulkan iritasi. Contohnya adalah parfum.

Baca Juga: 9 Faktor Penyebab Infeksi Saluran Kencing Ini Perlu Anda Waspadai!

Kapan Harus ke Dokter?

Itulah informasi lengkap terkait infeksi saluran kemih yang perlu Anda ketahui. Kalau Anda menjumpai adanya gejala ISK, segera pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dari klinik kulit dan kelamin terbaik.

Klinik Utama Pandawa menyediakan layanan pemeriksaan berbagai jenis gangguan terkait organ kelamin secara lengkap. Di klinik infeksi saluran kemih atau klinik kelamin jakarta, Anda tidak hanya bisa mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan. Namun, tersedia pula fasilitas konsultasi dokter online secara gratis!

Referensi:

Share: