Search
Close this search box.

5 Fakta Selaput Dara yang Wajib Anda Ketahui – Klinik Pandawa

Selaput dara merupakan salah satu bagian penting yang ada pada organ intim wanita. Lipatan kulit kecil ini sering dianggap sebagai indikator keperawanan. Pembahasan mengenai selaput dara selalu menarik salah satunya adalah mengenai sejumlah fakta selaput dara.

Ada berbagai fakta selaput dara paling menarik yang wajib Anda ketahui. Penasaran apa saja fakta selaput dara yang wajib diketahui? Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Selaput Dara Tidak Menutupi Vagina

Pertama, mari kita lihat arti selaput dara. Berasal dari kata Yunani yang berarti selaput, selaput dara adalah sepotong kecil kulit yang terdapat di dalam lubang vagina. Berlawanan dengan namanya, selaput dara bukanlah selaput lengkap yang menutupi seluruh lubang vagina.

Lagi pula, darah menstruasi bisa melewati vagina sebelum kita melakukan hubungan seks penetrasi untuk pertama kalinya.

Sejumlah kecil wanita dilahirkan dengan apa yang disebut selaput dara imperforata (artinya selaput dara tanpa bukaan) ini mungkin memerlukan operasi kecil agar menstruasi dapat lewat.

Namun, bagi kebanyakan wanita, selaput dara lebih berbentuk seperti donat berlubang (atau dalam beberapa kasus, beberapa lubang).

2. Penampilan Selaput Dara Bervariasi

Sama seperti vulva, selaput dara tidak semuanya terlihat sama. Beberapa mungkin lebih besar dari yang lain, beberapa memiliki pinggiran, sementara yang lain lebih berbentuk lobus.

Beberapa memiliki lubang bundar, yang lain memiliki perforasi berbentuk setengah bulan. Tidak ada standar ‘normal’ dalam hal seperti apa selaput dara.

Faktanya, gagasan bahwa selaput dara harus terlihat dengan cara tertentu sangat berbahaya bagi banyak orang karena akan menghadirkan informasi yang sama sekali tidak benar dan tidak akurat.

3. Selaput Dara Membentang

Kita sering berbicara tentang selaput dara yang pecah saat kita berhubungan seks untuk pertama kalinya. Namun, selaput dara sudah berlubang, kita tahu darah, tampon, dan jari dapat masuk ke saluran vagina tanpa dihalangi selaput dara.

Saat kita melakukan hubungan seks penetrasi untuk pertama kalinya, tidak ada yang hilang, selaput dara bisa saja meregang.

Ini bertentangan dengan banyak bahasa yang kita kenal ketika kita berbicara tentang keperawanan. Pada kenyataannya, tidak ada fisik yang hilang, dan meskipun pertama kali berhubungan seks mungkin penting bagi banyak dari kita, tidak ada perubahan biologis pad tubuh sebenarnya.

4. Tidak Semua Orang Punya Selaput Dara

Beberapa wanita terlahir dengan selaput dara yang sangat kecil atau tanpa selaput dara sama sekali. Ini sangat sehat dan tidak berarti mereka kehilangan sesuatu, atau membutuhkan perhatian medis.

Bagi banyak dari kita, selaput dara kita dapat diregangkan jauh sebelum kita melakukan hubungan seks penetrasi, entah itu dari olahraga, eksplorasi diri, atau menggunakan produk menstruasi seperti tampon.

Sekali lagi, Anda dapat memeriksa apakah Anda memiliki selaput dara, dan jangan khawatir jika Anda tidak dapat menemukan selaput dara.

5. Uji Keperawanan Tidak Diakui Secara Medis

Pada tahun 2019 American College of Obstetricians and Gynecologists mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka tidak memberikan panduan tentang tes keperawanan.

Ini karena Anda tidak bisa mengetahui apakah seorang wanita pernah berhubungan seks atau tidak hanya dengan melihat vaginanya.

Seperti dibahas sebelumnya, setiap selaput dara terlihat berbeda, jadi tidak ada standar yang ditetapkan untuk menemukan bukti penetrasi.

Gagasan bahwa selaput dara pecah saat kita pertama kali berhubungan seks juga menimbulkan keyakinan bahwa hubungan seks pertama kita pasti menyakitkan.

Pada kenyataannya, rasa sakit saat penetrasi lebih mungkin timbul dari kecemasan, atau dari kurangnya pengalaman seksual, daripada peregangan selaput dara.

Fakta Selaput Dara
Ilustrasi Fakta Selaput Dara

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai selaput dara, Anda bisa melakukan konsultasi dokter online secara gratis atau datang ke Klinik Kelamin Jakarta terbaik seperti Klinik Utama Pandawa.

Klinik Utama Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin terbaik dan terpercaya di indonesia terkait operasi selaput dara. Konsultasi dokter online gratis sekarang:

Selain itu, Klinik Pandawa memiliki dokter berpengalaman dan terpercaya, staf medis yang sigap serta ramah, teknologi terkini, dan fasilitas lengkap.

Referensi:

Share: