Search
Close this search box.

5 Fakta Gonore yang Wajib Anda Ketahui – Klinik Pandawa

Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menuar seksual yang berbahaya. Ini termasuk ke dalam salah satu kategori infeksi menular seksual. Ketika tidak Anda obati, gonore akan menyebabkan berbagai hal yang berbahaya buat tubuh.

Bahkan bekas luka dari gonore tidak bisa Anda hilangkan meski Anda sudah sembuh dari penyakit tersebut. Sebagai salah satu penyakit yang umum ada di masyarakat, ada beberapa fakta gonore yang wajib Anda ketahui.

Hal ini perlu untuk membantu Anda mengetahui lebih dalam mengenai penyakit tersebut sehingga Anda bisa mencegahnya lebih dini. Berikut pembahasannya.

Fakta Gonore atau Kencing Nanah yang Harus Anda Ketahui

Fakta Gonore 2
Ilustrasi Fakta Gonore

Ada beberapa fakta gonore yang harus Anda ketahui. Penasaran apa saja faktanya? Inilah pembahasan lengkapnya mengenai fakta gonore:

1. Penularannya

Gonore terutama bisa menular melalui kontak seksual, termasuk seks vaginal, anal, dan oral. Itu juga dapat menular dari ibu yang terinfeksi ke bayinya saat melahirkan.

2. Resistensi Antibiotik

Seiring waktu, Neisseria gonorrhoeae telah mengembangkan resistensi terhadap berbagai antibiotik. Hal ini membuat pengobatan gonore lebih menantang.

Anda wajib menyelesaikan antibiotik lengkap yang diresepkan oleh tenaga medis untuk memastikan pengobatannya berjalan efektif.

3. Pencegahan

Penggunaan kondom secara konsisten dan benar selama aktivitas seksual (termasuk seks oral, vagina, dan anal) dapat membantu mengurangi risiko penularan gonore.

Melakukan pembatasan pasangan seksual dan berada dalam hubungan monogamy dengan pasangan yang tidak terinfeksi bisa menurunkan risikonya.

4. Teknik Pengobatan

Gonore biasanya dapat diobati dengan antibiotik. Namun, karena resistensi antibiotik, tenaga medis perlu meresepkan terapi kombinasi atau antibiotik alternatif. Sangat penting untuk menyelesaikan pengobatan lengkap sesuai resep, bahkan jika gejalanya hilang.

#TanyaDokter #Eps3 Ciri-Ciri Penyakit Gonore (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

5. Tes dan Diagnosis

Pengujian gonore melibatkan sampel urin atau menyeka area yang terkena seperti Uretra, leher rahim, tenggorokan, rektum ntuk mengumpulkan sampel untuk analisis laboratorium.

Individu yang aktif secara seksual, terutama yang memiliki banyak pasangan, disarankan untuk melakukan tes infeksi menular seksual secara teratur.

Artikel Lainnya: Bahaya Gonore pada Pria dan Wanita

Kerusakan Permanen Akibat Gonore

Gonore ketika tidak Anda obati atau jika tidak Anda obati secara benar memiliki potensi untuk menyebabkan luka permanen.

Pasalnya, bakteri Neisseria Gonorrhoeae dapat menyebabkan gonore menyebar ke berbagai bagian tubuh.

Ketika ini terjadi, maka sejumlah komplikasi akan muncuk. Beberapa potensi komplikasi gonore jangka panjang antara lain sebagai berikut:

1. Pelvic inflammatory disease (PID)

Pada wanita, Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau dalam bahasa Indonesianya penyakit radang panggul merupakan penyakit akibat oleh gonore jika tidak diobati dengan benar.

Ini merupakan infeksi pada organ reproduksi. PID dapat menyebabkan jaringan parut dan kerusakan pada saluran tuba, menyebabkan masalah kesuburan dan peningkatan risiko kehamilan ektopik.

2. Epididimitis

Pada pria, gonore bisa menyebabkan epididymitis yakni peradangan epididimis (tabung melingkar di dekat testis). Hal ini dapat menyebabkan kerusakan testis dan berpotensi kemandulan.

3. Disseminated Gonococcal Infection (DGI)

Ketika infeksi menyebar ke aliran darah, hal ini bisa menyebabkan kondisi yang bernama DGI. DGI bisa membuat radang sendi dan lesi kulit. Untuk kasus yang jarang terjadi, DGI bahkan bisa menyebabkan kerusakan katup jantung.

4. Masalah Infertilitas

Baik pria atau wanita bisa mengalami masalah infertilitas ketika gonore tidak Anda obati atau tidak Anda obati dengan baik. Bekas luka dan kerusakan akibat infeksi tersebut bisa menyumbat organ reproduksi sehingga mengganggu fungsinya.

Baca Juga: Kisah Penderita Gonore

Komplikasi Gonore

Komplikasi Gonore
Seorang Wanita Mengalami Komplikasi Gonore

Jika tidak Anda obati dengan baik, gonore bisa menyebabkan sejumlah komplikasi. Selain menyebabkan luka yang sudah kami bahas di atas, ada sejumlah komplikasi lain yang bisa terjadi ketika gonore tidak Anda obati.

Gonore bisa meningkatkan seseorang tertular HIV atau menularkan HIV. Peradangan akibat penyakit kelamin ini dapat membuat HIV lebih mudah masuk ke dalam tubuh atau bagi orang yang positif HIV untuk menularkan virus.

Untuk komplikasi lainnya terkait gonore adalah Pelvic inflammatory disease (PID), epididymitis, masalah infertilitas, dan Disseminated Gonococcal Infection (DGI).

Baca Juga: Mengapa Penderita Gonore Harus Berobat ke Klinik Kelamin Jakarta?

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda menduga Anda tertular gonore atau jika Anda mengalami gejala yang berhubungan dengan gonore, penting untuk menemui tenaga medis. Beberapa situasi yang mengharuskan Anda ke dokter adalah sebagai berikut:

1. Gejalanya

Jika Anda mengalami gejala seperti keputihan yang tidak normal dari penis atau vagina, nyeri atau terbakar saat buang air kecil, peningkatan frekuensi buang air kecil, nyeri panggul, atau nyeri testis, dokter menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Tapi, penting untuk Anda catat jika gonore dapat asimtomatik pada beberapa individu, jadi meskipun Anda tidak memiliki gejala tetapi menduga Anda mungkin telah terpapar, tetap penting untuk menjalani tes.

2. Kontak Seksual Terbaru

Jika Anda pernah melakukan kontak seksual (vaginal, anal, atau oral) dengan pasangan yang telah terdiagnosis menderita gonore atau jika Anda menduga bahwa pasangan Anda mungkin menderita gonore, penting untuk melakukan tes.

Anda mendapatkan anjuran untuk memberi tahu tenaga medis Anda tentang potensi paparan Anda sehingga pengujian dan perawatan yang tepat dapat dokter berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa gonore adalah infeksi bakteri, dan diagnosis serta pengobatan dini sangat penting untuk mencegah komplikasi dan mengurangi risiko penyebaran infeksi ke orang lain.

Jika Anda tertarik untuk mengobati gonore, Anda bisa datang atau konsultasi ke Klinik Gonore atau Klinik Kelamin Jakarta terbaik seperti Klinik Utama Pandawa. Dengan dokter terpercaya, fasilitas lengkap, dan teknologi terkini, Klinik Pandawa siap membantu Anda mengatasi masalah ini.

Klinik Pandawa mempunyai layanan gonore terbaik dan merupakan klinik kulit dan kelamin terpercaya di Indonesia. Anda juga bisa melakukan konsultasi dokter kelamin secara gratis di Klinik Pandawa untuk mendapatkan perawatan dan informasi seputar gonore sesegera mungkin.

Referensi

Share: