Search
Close this search box.

Biaya Hapus Tato 2023 – Klinik Utama Pandawa

Melakukan hapus tato adalah salah satu hal yang umum orang lakukan. Biasanya orang ingin menghapus tato karena berbagai alasan. Salah satu hal yang umum membuat orang melakukan hapus tato adalah karena stereotip negatif dari lingkungan.

Beberapa orang mungkin membuat tato secara impulsif atau selama fase kehidupan mereka dan kemudian menyesali keputusan mereka.

Penyesalan ini bisa karena desain, penempatan, atau ingatan terkait. Tato yang mengingatkan orang akan pengalaman traumatis atau kejadian negatif juga bisa melakukan cara ini sebagai bagian dari proses penyembuhan.

Penghapusan tato biasanya melibatkan penggunaan berbagai teknik dan teknologi untuk memudarkan atau menghilangkan tato secara bertahap.

Cara Menghapus Tato Dengan Mudah & Cepat (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Efektivitas proses penghapusan tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran tato, warna, usia, lokasi pada tubuh, dan jenis kulit individu.

Oleh sebab itu, untuk bisa menghapusnya secara baik dan menyeluruh, ada baiknya mengetahui biaya menghapus tato. Ini penting agar Anda bisa lebih bijak dan menyesuaikan dengan budget yang ada.

Proses dan Teknologi yang Digunakan untuk Penghapusan Tato

Ada beberapa teknologi yang biasanya orang gunakan untuk menghapus tato. Beberapa teknologinya yang umum orang gunakan antara lain sebagai berikut:

1. Penghapusan Tato dengan Laser

Ini adalah metode yang paling umum dan banyak orang gunakan untuk menghilangkan tato.

Ini melibatkan penggunaan teknologi laser untuk memecah partikel tinta tato menjadi fragmen yang lebih kecil, yang kemudian secara bertahap akan hilang oleh sistem kekebalan tubuh.

Berbagai jenis laser digunakan berdasarkan warna yang ada pada tato. Beberapa sesi biasanya diperlukan, berjarak beberapa minggu, untuk mencapai hasil yang optimal.

2. Intense Pulsed Light (IPL)

Mirip dengan penghilangan laser, IPL menggunakan cahaya intensitas tinggi untuk menargetkan dan memecah tinta tato. Ini terutama efektif untuk menghilangkan tato hitam dan berwarna gelap. Seperti penghapusan laser, beberapa sesi biasanya Anda butuhkan.

3. Eksisi Bedah

Metode ini melibatkan pembedahan memotong kulit yang bertato dan menjahit kembali kulit di sekitarnya. Eksisi bedah biasanya akan digunakan untuk tato kecil dan dapat meninggalkan bekas luka.

4. Dermabrasi

Teknik ini melibatkan pengamplasan atau pengikisan secara mekanis pada kulit yang bertato untuk menghilangkan lapisan atas, termasuk tinta tato.

Ini tidak umum untuk Anda gunakan saat ini karena potensi jaringan parut dan ketersediaan metode yang lebih maju.

5. Salabrasi

Salabrasi melibatkan menggosok area bertato dengan larutan garam, kemudian akan lanjut dengan abrasi dengan alat seperti spons atau kuas.

Meskipun dapat Anda lakukan di rumah, umumnya tidak dokter sarankan karena risiko infeksi dan jaringan parut.

6. Penghapusan Tato dengan Kimia

Metode ini menggunakan larutan kimia untuk memecah tinta tato. Prosesnya melibatkan pengolesan krim atau larutan penghapus tato pada kulit, yang secara bertahap memudarkan tato seiring waktu.

Namun, efektivitas metode penghilangan bahan kimia dapat bervariasi, dan umumnya kurang dapat Anda andalkan dibandingkan dengan perawatan laser atau IPL.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Penghapusan Tato

Harga Hapus Tato
Ilustrasi Penghapusan Tato

Beberapa faktor bisa mempengaruhi keberhasilan melakukan penghapusan tato. Meskipun penghapusan total tato tidak selalu memungkinkan, faktor-faktor ini dapat berkontribusi pada hasil yang lebih efektif dan memuaskan:

1. Karakteristik Tato

Karakteristik tato tertentu, seperti ukuran, warna, dan jenis tinta yang Anda gunakan, dapat memengaruhi kemudahan dan keberhasilan penghapusan.

Umumnya, tato berwarna hitam dan gelap lebih responsif terhadap penghapusan daripada dengan warna yang lebih terang. Selain itu, tato profesional dengan tinta berkualitas tinggi biasanya lebih sulit untuk dihilangkan daripada tato amatir atau buatan sendiri.

2. Usia Tato

Usia tato dapat memengaruhi proses penghapusan. Tato yang lebih tua cenderung lebih mudah Anda hilangkan karena tinta memiliki lebih banyak waktu untuk memudar dan terurai secara alami.

Tato baru mungkin memerlukan lebih banyak sesi dan waktu untuk penghapusan yang berhasil.

3. Keahlian Penghapus Tato

Memilih spesialis penghapusan tato yang berpengalaman dan terampil sangat penting untuk keberhasilan penghapusan.

Profesional yang berspesialisasi dalam penghapusan tato akan memiliki pengetahuan dan pelatihan untuk menilai tato, menentukan metode penghapusan yang paling sesuai, dan melakukan prosedur dengan aman dan efektif.

4. Teknologi dan Peralatan

Penggunaan teknologi laser atau IPL canggih dapat meningkatkan keberhasilan penghapusan tato secara signifikan.

Panjang gelombang laser yang berbeda bisa Anda gunakan untuk menargetkan warna tertentu, memastikan penyerapan dan fragmentasi tinta yang lebih baik.

Peralatan berkualitas tinggi, di tangan seorang profesional terlatih, dapat memberikan hasil yang lebih sukses.

5. Tipe dan Kesehatan Kulit

Jenis kulit individu dan kesehatan secara keseluruhan dapat mempengaruhi proses penghapusan tato.

Umumnya, individu dengan warna kulit lebih cerah dan kulit sehat cenderung merespons pengobatan dengan lebih baik.

Warna kulit yang lebih gelap mungkin memerlukan pertimbangan dan penyesuaian khusus dalam pengaturan laser untuk meminimalkan risiko perubahan pigmentasi atau jaringan parut.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Penghapusan Tato

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi biaya menghapus tato ada banyak. Sementara harga yang tepat dapat bervariasi tergantung pada lokasi, klinik, dan faktor lainnya, berikut adalah beberapa faktor umum yang dapat mempengaruhi biaya penghapusan tato:

1. Ukuran

Ukuran tato merupakan faktor penting dalam menentukan biayanya.

Umumnya, tato yang lebih besar membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan sumber daya untuk menghapusnya, yang dapat mengakibatkan biaya yang lebih tinggi daripada dengan tato yang lebih kecil.

2. Warna dan Kompleksitasnya

Warna yang digunakan dalam tato dan kerumitannya dapat memengaruhi biaya penghapusan. Warna-warna tertentu, seperti tinta hitam dan gelap, umumnya lebih mudah dihilangkan dibandingkan dengan warna yang lebih terang atau cerah seperti kuning atau hijau.

Tato kompleks dengan desain yang rumit mungkin memerlukan sesi dan keahlian tambahan, yang dapat meningkatkan biaya.

3. Lokasi Tato

Lokasi tato di tubuh dapat memengaruhi biaya penghapusan. Tato di area yang lebih sensitif atau sulit dijangkau mungkin memerlukan perawatan dan waktu ekstra selama proses penghapusan, yang berpotensi menimbulkan biaya yang lebih tinggi.

4. Usia Tato

Usia tato dapat memengaruhi biaya hapus tato. Tato yang lebih tua cenderung lebih mudah dihilangkan, membutuhkan lebih sedikit sesi, dan oleh karena itu mungkin memiliki biaya keseluruhan yang lebih rendah dibandingkan dengan tato yang lebih baru.

5. Metode dan Teknologinya

Metode penghapusan tato yang berbeda, seperti penghilangan laser, IPL, atau eksisi bedah, dapat bervariasi dalam biaya.

Penghapusan laser adalah metode yang paling umum dan mungkin memiliki harga yang berbeda berdasarkan jenis laser yang digunakan dan keahlian profesional.

Teknologi canggih atau sistem laser yang lebih baru mungkin lebih mahal tetapi dapat memberikan hasil yang lebih baik.

6. Pengalaman dan Reputasi Klinik

Reputasi, pengalaman, dan keahlian klinik atau spesialis penghapusan tato dapat memengaruhi biaya.

Profesional yang sangat terampil atau klinik terkenal mungkin mengenakan biaya lebih tinggi karena keahlian dan rekam jejak mereka dalam penghapusan tato yang sukses.

Biaya Hapus Tato atau Tatto Removal

Biaya Hapus Tato 2
Ilustrasi Biaya Hapus Tato

Biaya menghapus tato beragam yang bisa Anda ketahui. Biasanya, biaya rata-rata per sesi penghapusan tato bisa sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran, warna, kerumitan, dan lokasi tato, serta klinik dan lokasi geografis.

Namun, sebagai perkiraan kasar, biaya rata-rata per sesi untuk penghapusan tato dengan laser berkisar antara US$200 sampai US$500.

Penting untuk diingat bahwa beberapa sesi biasanya diperlukan untuk menghilangkan tato, dan jumlah sesi yang diperlukan dapat bervariasi tergantung pada faktor individu dan tato itu sendiri.

Rata-rata, diperlukan waktu antara 5 hingga 15 sesi atau lebih untuk mencapai pemudaran yang signifikan atau penghapusan total tato.

Untuk mendapatkan perkiraan yang lebih akurat untuk kebutuhan khusus penghapusan tato Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis atau klinik penghapusan tato terbaik seperti Klinik Pandawa Jakarta.

Cara Menghemat Biaya Hapus Tato

Jika Anda ingin menghemat biaya penghapusan tato, berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Teliti dan Bandingkan Harga

Luangkan waktu untuk meneliti berbagai klinik atau spesialis di wilayah Anda dan bandingkan harganya. Cari profesional terkemuka yang menawarkan harga kompetitif untuk layanan mereka.

Perlu diingat bahwa meskipun biaya itu penting, itu tidak boleh menjadi satu-satunya faktor dalam proses pengambilan keputusan Anda. Kualitas dan keahlian juga merupakan pertimbangan penting.

2. Cari Penawaran dan Diskon Paket

Beberapa klinik mungkin menawarkan penawaran paket atau potongan harga untuk serangkaian sesi penghapusan tato.

Tanyakan tentang promosi atau program loyalitas yang tersedia yang dapat membantu mengurangi biaya keseluruhan. Pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang terkait dengan penawaran ini.

3. Fokus Dulu untuk Memudarkan daripada Menghilangkan

Jika penghapusan tato total bukan keharusan bagi Anda, Anda dapat memilih untuk memudarkan tato.

Pendekatan ini dapat memerlukan sesi yang lebih sedikit dan mungkin merupakan pilihan yang lebih hemat biaya, terutama jika tato berada di lokasi yang tidak terlalu terlihat.

Studi Kasus Soal Biaya Hapus Tato

Ada satu studi kasus mengenai penghapusan tato yang bisa Anda ketahui. Seorang wanita, sebut saja A kerap membutuhkan waktu mencapai 2,5 tahun untuk menghapus tato.

Dia melakukan treatment setiap 6-8 minggu dan tato masih terlihat di beberapa area.

Berdasarkan dari kisah A, biaya yang dia keluarkan untuk menghapus tato berkisar dari US$50 sampai US$300 per treatment. Selama 2,5 tahun, kira-kira biaya yang dihabiskan mencapai US$1000. Menariknya, tato yang dihapus hanya seharga US$150.

Perlu Anda catat jika dari apa yang diutarakan, menghapus tato tidak terlalu menyakitkan jika Anda membandingkannya dengan membuat tato. Bahkan setelah tato hilang dari kulitnya, dia merasa lebih nyaman.

Kesimpulan

Mengetahui biaya menghapus tato perlu diketahui agar Anda bisa mendiskusikan hasil terbaik sesuai dengan biaya yang Anda miliki.

Selain itu, orang yang ingin menghapus tato bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan soal penghapusan tato.

Dengan begini penghapusan tato Anda akan lebih bagus dan hasilnya bisa maksimal tanpa membuat Anda rugi dari sisi budget.

Kapan Harus ke Klinik Hapus Tato Terdekat?

Ketika Anda ingin memiliki kulit lebih sehat dan cerah atau Anda menyesali pilihan Anda mengenai tato, Anda bisa langsung menghapus tato dengan datang ke klinik hapus tato terdekat.

Mengetahui pengobatan dan treatment penghapusan tato sejak awal akan sangat membantu. Anda bisa melakukan konsultasi ke Tempat Menghilangkan Tato Permanen di Jakarta atau Klinik Kulit Jakarta terbaik seperti Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan treatment yang tepat.

Klinik Pandawa memiliki layanan menghapus tato dan Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin yang terbaik di Indonesia. Silahkan konsultasi dokter kulit secara gratis di Klinik Pandawa (Rahasia Terjamin).

Referensi

Share: