Search
Close this search box.

Berapa Biaya Cauter Kutil Kelamin Di Klinik? Cari Tahu Yuk!

Memiliki kutil atau daging tumbuh di area kulit rasanya memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi kutil juga bisa terdapat di area kelamin dan mampu menghambat aktivitas seksual. Lantas, berapa biaya cauter kutil kelamin di klinik?

Cara untuk menghilangkan kutil kelamin tersebut adalah dengan menggunakan metode laser elektrocauter. Apakah berbahaya bila kutil tidak segera diobati? Selengkapnya di bawah ini, ya.

berapa biaya cauter kutil kelamin di klinik Pandawa
Ilustrasi Biaya Cauter Kutil Kelamin

Apa itu Kutil Kelamin?

Kutil kelamin atau dalam medis disebut sebagai Condyloma Acuminata termasuk dalam penyakit kelamin menular.

Sebagian besar, kutil memang bisa membaik dengan sendirinya. Tapi kondisi berbeda bila kutil kelamin yang disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus.

Anda membutuhkan pertolongan medis agar mendapatkan cara menghilangkan kutil pada kelamin dengan tepat dan tuntas.

Infeksi virus HPV sendiri sangat berbahaya dan rentan menular. Penularannya bisa melalui kontak langsung dengan kutil, kontak seksual tidak aman (vaginal, anal, oral) serta berbagi handuk, pakaian, dan ciuman bibir.

Virus HPV pada wanita dapat memicu perkembangan kanker serviks yang berbahaya bagi kesehatan wanita. Bahkan selain kanker serviks juga bisa sebabkan kanker lainnya.

Sebab itu jangan menyepelekan bila Anda menemukan kutil di kelamin, bokong, ataupun mulut. Segera kunjungi dokter spesialis penyakit kutil kelamin.

Ada banyak cara menghilangkan kutil kelamin salah satunya dengan metode laser kutil kelamin (elektrocauter). Ketahui harga laser kutil kelamin di Klinik Utama Pandawa.

Kesalahan besar bila Anda membiarkan atau mengatasi kutil ini dengan obat-obatan rumahan. Jika terlambat dan membiarkannya ada bahaya yang mengancam.

BACA JUGA: Kenali Gejala HPV yang Sering Disepelekan

Gejala Kutil Kelamin

Gejala kutil kelamin beragam bagi mayoritas orang. Biasanya kutil terlihat seperti pertumbuhan kasar dengan warna kulit, abu-abu, atau putih di kulit Anda. Kutil kelamin biasanya punya tampilan menyerupai kembang kol yang bergelombang.

Kutil kelamin juga bisa menyebabkan beberapa hal yang menjadi gejalanya. Beberapa gejala tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Pendarahan ringan.
  • Sensasi terbakar.
  • Tidak nyaman.
  • Gatal atau iritasi genital.

Beberapa kutil berukuran sangat kecil. Tetap saja, Anda biasanya dapat merasakan atau melihatnya. Kadang-kadang kutil berkelompok, menjadi sangat besar, dan terlihat seperti tangkai.

Sebagian besar kutil dimulai sebagai pertumbuhan kecil dan lunak dan mungkin tidak terlalu mencolok. Sebelum mengetahui biaya cauter kutil kelamin, yuk tonton video dibawah ini tentang “Kutil Kelamin Apakah Bisa Menular ?”

Kutil di Kelamin (Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa)

Berapa Biaya Cauter Kutil Kelamin di Klinik?

Biaya cauter kutil kelamin di klinik maupun rumah sakit tergantung dari tingkat keparahan dan kesulitan. Kisaran biaya cauter kutil kelamin dimulai dari Rp 2 jutaan atau lebih.

Kisaran biaya tersebut rata-rata belum termasuk obat-obatan. Perlu diketahui, ketika Anda hendak menghilangkan kutil kelamin dengan elektrocauter, tidak menjamin virus HPV yang ada dalam tubuh ikut pergi.

Maka itu, umumnya dokter memberikan resep obat oles, suntik maupun obat minum untuk meredakan gejala serta virus/ vaksinasi sebagai pencegahan.

Konsultasi dokter secara online secara Gratis sekarang untuk mengetahui “berapa biaya operasi kutil kelamin pria atau wanita” di Klinik (Rahasia Terjamin).

BACA JUGA: Cara Mencegah Kutil Kelamin Anda Kambuh Lagi!

Bahaya Kutil Kelamin

Jika Anda menyepelekan pertumbuhan kutil pada kelamin ini dapat bertumbuh besar menyerupai jengger ayam dan menyebar serta sulit dihilangkan.

Selain itu, kutil kelamin juga memiliki potensi komplikasi seperti:

  • Kanker

Beberapa jenis virus HPV juga berisiko memicu pertumbuhan sel kanker di dalam serviks wanita. Bukan hanya kanker serviks, penderita juga dapat terserang kanker miss v, kanker anus, kanker penis, serta kanker mulut maupun tenggorokan.

  • Gangguan pada masa kehamilan.

Kutil kelamin yang membesar bisa membuat penderitanya sulit buang air kecil, serta dapat mengurangi peregangan miss v saat proses persalinan. Bahkan, kutil kelamin pada miss v mampu mengalami perdarahan saat melahirkan.

Prosedur Cauter Kutil Kelamin

Cauter atau electrocautery biasanya dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman menangani kutil kelamin. Ketika prosedur ini akan dilakukan, biasanya dokter akan menyuntikan anestesi lokal untuk mengontrol rasa sakit.

Selain anestesi lokal, anestesi umum juga bisa digunakan tergantung jumlah kutil yang bakal dihilangkan atau dihancurkan.

Setelah prosedur, pasien akan masuk fase pemulihan tergantung pada lokasi dan jumlah kutil yang diangkat. Usai operasi biasanya ada beberapa hal yang dirasa seperti mengalami nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Penyembuhan biasanya memakan waktu 2 sampai 4 minggu dan penyembuhan bisa memakan waktu lebih lama jika area lainnya ikut terbakar. Buat yang belum tahu, electrocautery merupakan teknik mengambil kutil dengan menggunakan probe listrik bertegangan rendah.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Kutil Kelamin yang Tidak Berbahaya

Penyebab Kutil Kelamin

HPV merupakan penyebab dari kutil kelamin. Penyebarannya bisa terjadi karena kontak seksual. Perlu dicatat jika kutil tidak harus terlihat supaya bisa tersebar lewat hubungan seksual. Beberapa penyebab kutil kelamin yang biasanya terjadi antara lain:

  • Hubungan seksual, termasuk anal, vagina-penis dan vagina-vagina.
  • Sentuhan genital (kontak kulit ke kulit tanpa ejakulasi).
  • Memberikan seks oral kepada seseorang yang memiliki HPV atau kutil kelamin.
  • Menerima seks oral dari seseorang yang memiliki HPV atau yang memiliki kutil kelamin di mulut, bibir, atau lidahnya.

Faktor risiko HPV dan kutil kelamin

Sebelum mengetahui berapa biaya cauter kutil kelamin di klinik, inilah beberapa faktor risiko Anda rentan terinfeksi HPV atau kutil kelamin, antara lain:

  • Berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan tanpa pengaman.
  • Berbagi barang pribadi, seperti handuk, pakaian dalam, sex toys.
  • Menyentuh luka terbuka
  • Sistem imun tubuh lemah, pengidap HIV/AIDS atau menjalani kemoterapi.
  • Tidak menjaga kebersihan dengan baik.
  • Usia remaja dan kalangan dewasa muda.

BACA JUGA: Apakah Kutil Kelamin Bisa Sembuh?

Beberapa Tanda Anda Butuh Operasi Kutil Kelamin

Biaya Cauter Kutil Kelamin
Ilustrasi Harga Cauter Kutil Kelamin

Jika Anda mengalami gejala atau keluhan di bawah ini, segera dapatkan penanganan yang tepat.

  • Benjolan kutil terasa nyeri
  • Nyeri saat beraktivitas seksual
  • Kutil tumbuh di wajah dan bokong.
  • Kencing dan buang air besar terhambat
  • Bentuk dan ukuran kutil makin membesar
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Kutil mengeluarkan darah dan luka akibat garukan.
  • Kembali kambuh.

Kutil kelamin memang dapat kembali kambuh ketika Anda tidak menjaga kesehatan, kembali melakukan aktivitas seks tanpa pengaman, ataupun tertular dari pasangan Anda.

Apakah Kutil Kelamin Bisa Hilang Permanen?

Kutil kelamin bisa hilang secara permanen, namun itu tidak menjamin Anda kebal karena Anda tetap bisa terjangkit kembali di kemudian hari.

BACA JUGA: Cara Merontokan Kutil Kelamin, Ampuh Tanpa Efek Samping!

Kapan Harus Cauter Kutil Kelamin di Klinik?

Ketika Anda merasa tidak nyaman dan jumlah kutil semakin lama semakin banyak, Anda wajib melakukan cauter kutil kelamin untuk menghilangkannya dan membuat Anda terhindar dari gangguan.

Selain itu ketika kutil terjadi di area kelamin, maka Anda wajib melakukan cauter supaya pasangan terhindar dari penyakit serupa.

Mengetahui biaya pengobatan kutil kelamin sejak awal akan sangat membantu. Anda bisa melakukan konsultasi ke spesialis kulit dan Kelamin Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Klinik Pandawa memiliki layanan mengobati kutil kelamin dan merupakan Klinik Kulit dan Kelamin yang terbaik di Indonesia. Silahkan konsultasi dokter online secara gratis untuk mengetahui biaya operasi kutil di Klinik Pandawa (Rahasia Terjamin).

Referensi:

Share: