Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Kenali Bahaya Komplikasi Klamidia, Bisa Bikin Mandul Lho!

Table of Contents

bahaya komplikasi klamidiaBahaya Komplikasi Klamidia – Halo Sahabat Pandawa~ Bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga Sahabat Pandawa semua di mana pun berada sehat selalu ya! Penyakit kelamin seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang. Hal ini terjadi karena menurut mereka yang mengetahui penyakit tersebut hanyalah diri sendiri dan pasangan. Pada akhirnya, terkadang penyakit kelamin seringkali terlambat untuk ditangani.

Dari sekian banyak penyakit kelamin yang mengancam kesehatan genital kamu, beberapa di antaranya dapat menyebabkan risiko tinggi seperti kemandulan dan kerusakan organ lain lho. Kebanyakan kasus penyakit kelamin yang parah terjadi akibat lambatnya penanganan yang pada akhirnya merembet ke jaringan dan organ lain, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Salah satu penyakit kelamin yang cukup berbahaya adalah klamidia atau chlamydia. Penyakit ini dapat menyerang siapa pun, baik pria maupun wanita pada segala kalangan. Namun, biasanya penyakit ini cenderung berbahaya bagi wanita karena dapat membuat wanita yang terkena sulit hamil. Meski demikian, para pria jangan senang dulu karena klamidia juga punya dampak negatif.

Seperti biasanya, Klinik Pandawa akan selalu memberikan informasi menarik dan edukatif mengenai penyakit kelamin, penyakit kulit, dan juga estetika (kecantikan). Nah, kali ini kami akan membahas seputar klamidia seperti penyebab dan gejala, khususnya bahaya komplikasinya. Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai habis ya Sahabat Pandawa untuk mengetahui bahaya komplikasi klamidia lebih lanjut. Yuk disimak!

Penyakit klamidia

Klamidia atau chlamydia merupakan salah satu penyakit menular seksual  (PMS) yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Penyakit ini dapat menjangkit siapa pun, baik pria maupun wanita lewat kontak seksual.

Penyakit ini bisa menginfeksi berbagai organ dan jaringan seperti serviks (leher rahim), saluran kencing, anus, mata, dan juga tenggorokan. Penyakit ini sebenarnya tidak begitu susah untuk disembuhkan apabila langsung ditangani di masa-masa awal kemunculannya. Akan tetapi, jika dibiarkan maka klamidia bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Pasalnya, penyakit kelamin ini dapat membuat kerusakan yang serius dan permanen, khususnya pada sistem reproduksi wanita. Dampak dari infeksi klamidia pada wanita yang terserang terjangkit ialah berisiko susah hamil.

Ciri-ciri klamidia

Klamidia tergolong ke dalam penyakit menular seksual yang seromg tidak disadari oleh penderitanya. Pasalnya, infeksi yang terjadi kerapkali tidak menunjukkan gejala dan tanda pada awal-awal kemunculannya.

Tanda dan gejala biasanya baru akan muncul satu sampai dengan dua minggu setelah terpapar infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Akan tetapi, gejala ini pun seringkali ringan dan hilang begitu saja sehingga tidak terlalu dihiraukan.

Beberapa ciri umumnya adalah nyeri saat buang air kecil, sakit saat berhubungan seksual, dan keluarnya cairan tidak wajar dari alat kelamin. Biasanya cairan tersebut memiliki aroma yang tidak sedap serta berwarna kekuningan, kehijauan, dan putih kental.

Bahaya komplikasi klamidia

Apabila tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini dapat menyebar serta menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang. Berikut adalah beberapa bahaya komplikasi klamidia pada pria:

  • Epididimitis 

Epididimitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran epididymis. Saluran ini berfungsi sebagai saluran untuk sperma dari testikel keluar. Penyakit ini mengakibatkan bengkaknya saluran epididimis dan menimbulkan rasa nyeri. Bila tak segera ditangani maka infeksi dapat menyebabkan munculnya nanah. Parahnya lagi dapat menyebabkan kemandulan.

  • Reactive arthritis 

Ini adalah gangguan radang persendian yang sering menimpa pria. Gangguan ini cukup menyiksa karena membatasi gerakan kamu. Umumnya, gejala akan membaik dalam waktu tiga bulan sampai satu tahun, namun kondisi ini dapat kembali lagi.

  • Uretritis 

Uretritis adalah peradangan pada saluran pembuangan urine atau uretra. Masalah ini memiliki gejala semisal sering dan tidak mampu menahan buang air kecil. Gejala lain adalah perih saat buang air kecil, kulup penis mengalami iritasi, dan ujung kepala penis mengeluarkan cairan kental berwarna putih.

Bahaya komplikasi klamidia pada wanita tidak boleh diremehkan karena bisa membuat susah hamil. Berikut adalah beberapa komplikasinya:

  • Servisitis

Servisitis merupakan peradangan pada leher rahim atau serviks. Beberapa gejala penyakit ini nyeri perut bagian bawah, sakit saat berhubungan intim, pendarahan saat atau setelah berhubungan intim, dan pendarahan saat tidak sedang menstruasi.

  • Penyakit radang panggul

Gangguan ini adalah kondisi di mana terinfeksinya ovarium, rahim dan tuba fallopi. Bila tidak segera ditangani, kondisi ini dapat meningkatkan risiko kehamilan ektopik atau (hamil di luar kandungan). Penyakit ini dapat membuat panggul terasa sakit secara terus-menerus hingga mengakibatkan kemandulan.

  • Bartholinitis

Barthonlinitis adalah kondisi saat kelenjar bartholin membengkak. Kelenjar bartholin berfungsi sebagai produsen cairan pelumas pada wanita saat berhubungan seksual. Peradangan ini menimbulkan benjolan yang terasa sakit ketika disentuh, perih, berwarna merah, dan juga bisa memicu demam.

  • Salpingitis

Salpingitis adalah peradangan pada tuba fallopi yang membuat sel telur dari ovarium sulit untuk menuju rahim. Efeknya adalah membuat pengidapnya susah hamil. Risiko mengalami kehamilan ektokpik atau hamil di luar rahim juga akan meningkat meski sumbatan di tuba fallopi hanya sebagian.

Segera atasi klamidia dengan mengunjungi Klinik Pandawa Jakarta

Klamidia tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan berbagai bahaya komplikasi seperti  yang sudah dijelaskan di atas. Jangan sampai bahaya komplikasi klamidia mengganggu kesehatan kamu, segeralah kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Salah satu klinik yang memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin adalah KLINIK PANDAWA. Kami mempunyai dokter yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah penyakit menular seksual seperti klamidia.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Tag