Search
Close this search box.

5 Penyebab Bercak Putih di Wajah dan Cara Tepat Menghilangkannya! Wajib Dibaca!

Selain jerawat ada gangguan kulit lainnya yang bisa membuat penampilan kurang maksimal, apalagi kalau bukan muncul bercak putih di wajah. Warnanya yang putih tentu kontras dengan kulit aslinya, sehingga kadang membuat tidak pede saat bertemu dengan orang baru. Tak jarang pula, banyak orang mencari cara menghilangkan bercak putih di wajah ini. Tapi sebelumnya, apa saja penyebab bercak putih di kulit ini? Dan bagaimana mencegahnya? Yuk, kita cari tahu bersama di bawah ini.

bercak putih di wajah dan cara menghilangkan pada wajah

Bercak putih pada seseorang bisa berbeda-beda ukuran, penyebab maupun letaknya. Ada yang kecil atau lama-lama membesar, begitu juga letaknya kadang dijumpai area pipi, bawah mata, bibir, dahi, leher dan lainnya.

Tak hanya di wajah saja, bercak putih di kulit juga sering dikeluhkan. Ada faktor penyebab gangguan ini muncul, seperti faktor genetic ataupun alergi. Beberapa kasus, bercak putih ini juga bisa mengisyaratkan atau menandakan dari infeksi kulit.

Jika keluhan sudah terlalu mengganggu, sebaiknya kunjungi klinik kulit terdekat ataupun klinik kecantikan berlisensi untuk mendapatkan diagnosis dan cara menghilangkan bercak putih di wajah ini.

Penyebab bercak putih di wajah maupun kulit

Nah, berikut ini beberapa penyebab umum bercak putih di wajah maupun kulit, diantaranya;

  1. Sun spot

Jika kamu aktif beraktivitas di luar ruangan dan terbuka, umumnya inilah penyebab bercak putih di wajah. Sun spot atau hipomelanonis gutata idiopatik diakibatkan oleh karena terlalu sering terpapar sinar UV dari matahari sehingga muncullah bercak putih maupun gelap di area wajah, lengan, Pundak, kaki dan lainnya.

Keluhan yang ditimbulkan umumnya tidak ada dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Hanya saja, untuk menghilangkan sun spot ini terbilang susah dan butuh treatment atau perawatan kulit yang intens.

  1. Panu

Bercak atau Noda putih di kulit yang paling terkenal adalah panu atau pityriasis versicolor. Tak hanya di kulit, gangguan panu ini juga bisa menyerang area wajah.  Penyebab panu juga bisa disebabkan faktor genetic, pemakaian obat/ krim, faktor luar seperti cuaca panas dan lembap ikut mempengaruhi perkembangan panu.

Rata-rata penderitanya adalah orang yang mudah berkeringat, berada di daerah lembap ataupun pada orang yang daya tahan tubuhnya menurun. Panu sendiri bisa dihilangkan dengan berbagai macam, seperti obat topical ataupun treatment perawatan medis. Terpenting, konsultasikan dahulu pada dokter ahlinya, ya.

BACA JUGA: 8 PENYAKIT KULIT SAAT MUSIM HUJAN YANG PERLU DIAWASI!

  1. Vitiligo

Penyebab noda putih di wajah lainnya adalah vitiligo. Vitiligo sendiri sudah termasuk penyakit kulit yang terbilang kompleks. Penyebab vitiligo sendiri masih belum diketahui pasti. Tetapi para peneliti menduga bila kondisi vitiligo punya kaitannya dengan faktor genetic, autoimun dan lainnya.

Disebut sebagai vitiligo, dimana sel kulit berhenti membuat melanin (zat perwarna pada kulit) sehingga munculah kesalahan produksi seperti bercak-bercak putih. Noda-noda putih ini bisa meluas dan tentu mengganggu penampilan, keberadaannya juga sering dikaitkan dengan panu, padahal keduanya adalah berbeda.

  1. Pityriasis alba

Warna noda atau bercak yang diakibatkan dari pityriasis alba adalah putih maupun merah muda, cenderung berbentuk bulat atau oval, seringnya menyerang di area pipi maupun dagu anak-anak maupun orang dewasa.

Terkadang, keberadaannya dikaitkan dengan alergi atau eksim atopik. Bisa diakibatkan dari paparan sinar matahari, infeksi jamur, maupun alergi sesuatu hal. Walau terbilang ringan, tidak ada salahnya kamu konsultasi pada dokter ahli untuk meringankannya.

  1. Akibat luka

Sejumlah luka, seperti luka bakar/ cairan panas, infeksi, atau luka tergores, mampu timbulkan noda putih pada wajah dan area kulit lainnya.

Dalam beberapa kasus, luka ini juga bisa sebabkan kulit kehilangan pigmentasi. Meski telah melalui proses pengobatan, noda putih akan tetap terlihat. Untuk mengembalikan warna kulit seperti semula, tentu membutuhkan waktu cukup lama.

BACA JUGA: Punya Bercak-bercak Putih di Kulit? Bisa Jadi Kamu Terkena Vitiligo, Segera Atasi!

Apakah bercak putih pada wajah bisa hilang?

Umumnya untuk menghilangkan masing-masing penyebab bercak atau noda putih di wajah dan kulit, akan disesuaikan dengan penyebab dan kondisi kulit kamu. Sehingga gangguan kulit ini bisa hilang tergantung dari kondisi kamu.

Jika kamu menjalankan rangkaian pengobatan serta perawatan kulit, gangguan kulit tersebut dapat teratasi. Apabila dibiarkan, maka tidak akan hilang atau sembuh. Sebab itu tidak ada salahnya kamu konsultasikan dahulu bersama dokter ahli untuk menemukan perawatan atau pengobatan yang tepat dengan kondisi kamu.

BACA JUGA: Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kulit Prurigo (Darah Manis)

Cara menghilangkan bercak putih di wajah dengan cepat

Berikut ini cara menghilangkan bercak putih di wajah sesuai penyebabnya.

Akibat vitiligo

Jika penyebab bercak atau noda putih pada wajah kamu adalah vitiligo, biasanya dokter akan memberikan resep krim khusus untuk mengembalikan warna kulit.

Selain obat krim/ topical/ oles, dokter juga biasanya akan memberikan obat untuk diminum serta terapi sinar ultraviolet.

Krim anti jamur

Nah, apabila penyebab noda putih di kulit adalah jamur, maka cara menghilangkan bercak putih di wajah dengan cepat adalah menggunakan krim antijamur.

Biasanya, krim antijamur ini baik dioleskan sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu. Namun, beberapa dokter akan memberikan resep berbeda, tergantung pada kondisi kulit kamu. Dan, untuk menghindari kondisi lebih parah, sebaiknya hindari obat sembarangan selain resep dokter.

Skin laser Treatment

Terapi laser atau skin laser treatment terkenal ampuh sebagai cara menghilangkan bercak putih pada wajah dengan cepat untuk penderita sunspot dan masalah kulit lainnya.

Jenis laser yang digunakan dalam terapi ini juga tergantung pada kondisi pasien dan rekomendasi dokter.

Supaya terapi ini efektif, biasanya dokter akan mengombinasikannya dengan terapi lainnya, semisal terapi obat atau penggunaan krim.

Terapi Sinar Ultraviolet

Jika kamu memiliki masalah kulit seperti eksim, dermatitis, psoriasis atau lainnya tidak ada salahnya mencoba treatment terapi sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet ini bukanlah sinar matahari, melainkan sebuah teknologi sinar UVC yang sudah teruji untuk atasi masalah kulit. Agar lebih optimal biasanya dokter akan memberikan obat atau krim pelengkap.

Keberhasilan atau hasil yang didapat tergantung pula dengan kondisi kamu ataupun tingkat keparahan yang ada.

Infuse Whitening

Sebagai pelengkap, jika kulit kamu terasa belang atau warna kulit tidak merata, infus whitening bisa jadi solusinya. Selain mendapatkan kulit sehat, dan cerah merata, kamu juga mendapatkan kulit lembap, kenyal dan awet muda.

BACA JUGA: KENALI KEMUNCULAN DAGING TUMBUH (SKIN TAG) DAN CARA AMPUH MENGATASINYA!

Dapatkan perawatan kulit dan estetika terbaik di Klinik Pandawa Jakarta

Apabila sahabat pandawa memiliki masalah kulit seperti di atas dan merasa terganggu dengan kehadirannya. Tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter kulit atau kecantikan. Dokter tentu akan memberikan arahan dan pilihan mengenai cara menghilangkan bercak putih pada wajah atau kulit.

Selain masalah bercak di wajah, Kami juga memiliki banyak pilihan treatment untuk atasi masalah jerawat, bekas luka, dan masalah penuaan lainnya. Tunggu apalagi, tuntaskan masalah kulitmu bersama Kami.

Hubungi layanan konsultasi Kami via SMS/TLP/ CHAT di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS.

Share: